Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh

SUGENG RAWUH...SELAMAT DATANG...WELCOME...DI BLOG INI SEMOGA BERMANFAAT

RPP TIK Kelas IX Semester Gasal


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah
:
SMP NEGERI 5 KARANGANYAR
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK)
Kelas/Semester
:
IX (sembilan) / Gasal
Standar Kompetensi
:
  1. Memahami dasar – dasar penggunaan Internet/intanet
Kompetensi Dasar

    1. Menjelaskan pengertian dasar-dasar Internet/Intranet
Indikator
:
  1. Menjelaskan pengertian internet
  2. Menjelaskan pengertian intranet
  3. Menjelaskan sejarah perkembanganinternet
  4. Menjelaskan manfaat internet dalam kehidupan sehari-hari
  5. Menjelaskan efek negatif internet
Alokasi Waktu
:
6 x 40 menit (3 x pertemuan)

  1. Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui studi pustaka, peserta didik mampu :
    1. Menjelaskan pengertian internet dengan benar
    2. Menjelaskan pengertian intranet dengan benar
    3. Menceritakan sejarah perkembangan internet
    4. Menjelaskan fungsi-fungsi layanan dalam internet
    5. Menjelaskan manfaat internet
    6. Menjelaskan efek negatif internet

  • Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

  1. Materi Pembelajaran
    1. Pengertian Internet/intranet
    2. Sejarah perkembangan internet
    3. Fungsi-fungsi layanan internet
    4. Manfaat dari penggunaan internet
    5. Dampak negatif dari penggunaan internet

  1. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Contekstual Teaching Learning (CTL)
Model : Cooperatif Learning

  1. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi
1. Salam dan tegur sapa.
2. Mengabsensi siswa
b. Motivasi
  1. Menanyakan kepada peserta didik macam – macam Teknologi Informasi yang dapat digunakan untuk internet
  2. Menyampaikan tujuan pembelajaran no 1 sampai 3




2. Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
  • Menggali pengertian siswa tentang internet dan Intranet
  • Melakukan tanya jawab tetang perbedaan internet dan Intranet
  • Melakukan tanya jawab tentang contoh pengunaan internet dan Intranet.

b. Elaborasi
  • Membagi siswa siswa dalam kelompok
  • Meminta siswa berpresentasikan di depan kelas
  • Meminta tanggapan dari kelompok lain.
  • Guru Mengklarifikasikan tentang perbedaan dan contoh pengunaan internet dan Intranet

c. Konfirmasi
Guru dan siswa bersama-sama membuat kesimpulan materi.

      1. Kegiatan penutup
Penutup:
  1. Guru mengindentifikasi masalah yang dialami siswa untuk memahami materi berdasarkan tanya jawab dan diskusi siswa.
  2. Siswa melakukan refleksi tentang kesulitan yang dihadapi untuk memahami materi.

Pertemuan Kedua dan Ketiga
        1. 1. Kegiatan pendahuluan
a. Apersepsi
1. Salam dan tegur sapa.
2. Mengabsensi siswa
b. Motivasi
  1. Menanyakan kepada peserta didik macam – macam Teknologi Informasi yang dapat digunakan untuk internet
  2. Menyampaikan tujuan pembelajaran
  3. Membentuk kelompok diskusi

2. Kegiatan Inti
    1. Eksplorasi
            1. Menggali pengertian siswa tentang internet dan Intranet
            2. Melakukan tanya jawab tetang perbedaan internet dan Intranet
        3. Melakukan tanya jawab tentang contoh pengunaan internet dan Intranet.
    2. Elaborasi
  1. Menemukan fungsi-fungsi layanan dalam internet
  2. Mencari informasi dari sumber belajar tentang manfaat penggunaan internet
  3. Menemukan dampak negatif dari penggunaan internet
    1. Konfirmasi
Guru dan siswa bersama-sama membuat kesimpulan materi.

3. Kegiatan penutup
  1. Menarik kesimpulan tentang pembelajaran yang telah disampaikan
  2. Guru mengindentifikasi masalah yang dialami siswa untuk memahami materi berdasarkan tanya jawab dan diskusi siswa.
  3. Siswa melakukan refleksi tentang kesulitan yang dihadapi untuk memahami materi.

  1. Sumber Belajar
Buku TIK yang relevan, lembar kerja, buku pengenalan internet.


  1. Penilaian
1. Teknik
Tes tertulis

2. Bentuk Instrumen
Tes Uraian

3. Instrumen/Soal
1. Jelaskan pengertian Internet!
2. Jelaskan pengertian Intranet!
3. Jelaskan sejarah perkembangan internet!
4. Sebutkan manfaat internet dalam kehidupan sehari-hari
5. Sebutkan efek negatif adanya internet


Mengetahui,
Kepala SMP N 5 Karanganyar




Endang Retna Wulan, S.Pd, M.Pd
NIP. 19620814 198501 2 004

Karanganyar, 18 Juli 2011
Guru Mapel TIK.




Neni Kusuma Nugraheni, S.Pd
NIP. 19811230 200801 2 012


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah
:
SMP NEGERI 5 KARANGANYAR
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK)
Kelas/Semester
:
IX (sembilan) / Gasal
Standar Kompetensi
:
  1. Memahami dasar – dasar penggunaan Internet/intranet
Kompetensi Dasar
:
    1. Memahami dasar-dasar sistem jaringan di Internet/Intranet
Indikator
:
  1. Menyebutkan jenis-jenis jaringan
  2. Menyebutkan macam-macam topologi jaringan
  3. Menjelaskan proses terbentuknya jaringan internet
Alokasi Waktu
:
4 x 40 menit (2 x pertemuan)

  1. Tujuan Pembelajaran
Melalui studi pustaka, peserta didik mampu :
  1. Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan komputer dengan benar
  2. Menggambar topologi jaringan komputer
  3. Menjelaskan jenis-jenis jaringan komputer yang dapat digunakan untuk internet
  4. Menjelaskan proses terbentuknya jaringan internet/intranet

  • Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

  1. Materi Pembelajaran
        1. Dasar-dasar jaringan komputer
        2. Proses terbentuknya jaringan internet/intranet

  1. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Contekstual Teaching Learning (CTL)
Model : Cooperatif Learning

  1. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi
1. Salam dan tegur sapa.
2. Mengabsensi siswa
b. Motivasi
  1. Mengingatkan kembali pelajaran sebelumnya tentang jaringan komputer
  2. Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
  • Menyajikan model/jenis-jenis jaringan komputer yang ada
  • Mengamati visualisasi jenis-jenis jaringan komputer (workgroup, LAN, MAN, WAN)

b. Elaborasi
  • Membagi siswa siswa dalam kelompok
  • Meminta siswa berpresentasikan di depan kelas
  • Meminta tanggapan dari kelompok lain.
  • Guru Mengklarifikasikan tentang jenis-jenis jaringan komputer (workgroup, LAN, MAN, WAN)
c. Konfirmasi
Guru dan siswa bersama-sama membuat kesimpulan materi.

  1. Kegiatan penutup
Penutup:
    1. Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
    2. Menarik kesimpulan tentang pembelajaran dasar-dasar jaringan internet/intranet

Pertemuan Kedua
        1. Kegiatan pendahuluan
a. Apersepsi
1. Salam dan tegur sapa.
2. Mengabsensi siswa

b. Motivasi
  1. Mengingatkan kembali pelajaran sebelumnya tentang jaringan komputer
  2. Menyampaikan tujuan pembelajaran

        1. Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
  • Menyajikan Macam-macam topologi jaringan komputer yang ada
  • Mengamati visualisasi macam-macam topologi jaringan komputer (BUS,
    RING, STAR, dll)

b. Elaborasi
  • Menyajikan model proses terbentuknya jaringan internet/intranet
  • Mengamati proses terbentuknya jaringan internet
  • Menampilkan simulasi proses terbentuknya jaringan internet-intranet dari jenis-jenis jaringan komputer dan macam-macam topologi jaringan komputer macam-macam.
  • Menemukan jenis dan macam jaringan komputer untuk terhubung dengan internet

c. Konfirmasi
  • Guru dan siswa bersama-sama membuat kesimpulan materi.

3. Kegiatan penutup
  • Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
  • Menarik kesimpulan tentang pembelajaran dasar-dasar jaringan internet/intranet

  1. Sumber Belajar
Perangkat jaringan komputer, lembar kerja, buku TIK yang relevan, tayangan/visualisasi.

  1. Penilaian
1. Teknik
Tes tertulis

2. Bentuk Instrumen
Tes Uraian

3. Contoh Instrumen
1. Sebutkan jenis-jenis jaringan komputer!
2. Sebutkan topologi jaringan komputer!
3. Jelaskan proses terbentuknya jaringan internet/intranet!

Mengetahui,
Kepala SMP N 5 Karanganyar




Endang Retna Wulan, S.Pd, M.Pd
NIP. 19620814 198501 2 004

Karanganyar, 18 Juli 2011
Guru Mapel TIK.




Neni Kusuma Nugraheni, S.Pd
NIP. 19811230 200801 2 012


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah
:
SMP NEGERI 5 KARANGANYAR
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK)
Kelas/Semester
:
IX (sembilan) / Gasal
Standar Kompetensi
:
1. Memahami dasar – dasar penggunaan Internet/intranet
Kompetensi Dasar
:
1.3. Mengenal ukuran kecepatan akses Internet
Indikator
:
  1. Menyebutkan ukuran kecepatan akses internet
  2. Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet
Alokasi Waktu
:
6 x 40 menit (3 x pertemuan)

  1. Tujuan Pembelajaran
Melalui studi pustaka , peserta didik mampu :
        1. Mengetahui ukuran kecepatan akses internet
        2. Menentukan ukuran kecepatan akses internet berdasarkan modem yang digunakan.

  • Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

  1. Materi Pembelajaran
  1. Ukuran kecepatan akses internet

  1. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Contekstual Teaching Learning (CTL)
Model : Cooperative learning

  1. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama

        1. Kegiatan pendahuluan
a. Apersepsi
1. Salam dan tegur sapa.
2. Mengabsensi siswa

b. Motivasi
          1. Mengingatkan kembali pelajaran sebelumnya tentang jaringan komputer
          2. Menyampaikan tujuan pembelajaran

        1. Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
  • Menyajikan materi ukuran kecepatan akses internet
  • Mengamati visualisasi materi dasar-dasar jaringan internet/intranet

b. Elaborasi
  • Menyajikan model proses terbentuknya jaringan internet/intranet
  • Menemukan jenis dan macam jaringan komputer untuk terhubung dengan internet
  • Mencari informasi dari sumber belajar tentang kecepatan akses internet

c. Konfirmasi
  • Guru dan siswa bersama-sama membuat kesimpulan materi.

3. Kegiatan penutup
  • Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
  • Menarik kesimpulan tentang ukuran kecepatan akses internet

Pertemuan kedua dan ketiga
              1. 1. Kegiatan pendahuluan
a. Apersepsi
    • Salam dan tegur sapa.
    • Mengabsensi siswa

b. Motivasi
    • Mengingatkan kembali materi dasar-dasar jaringan internet/intranet
    • Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
    1. Menyajikan materi ukuran kecepatan akses internet
    2. Mengamati visualisasi materi dasar-dasar jaringan internet/intranet

b. Elaborasi
  • Mencari faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet
  • Menemukan jenis dan macam jaringan komputer untuk terhubung dengan internet
  • Mencari informasi dari sumber belajar tentang kecepatan akses internet

c. Konfirmasi
  • Guru dan siswa bersama-sama membuat kesimpulan materi.

3. Kegiatan penutup
  1. Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
  2. Menarik kesimpulan tentang ukuran kecepatan akses internet

  1. Sumber Belajar
Modem, lembar kerja, buku TIK yang relefan, koneksi internet.

  1. Penilaian
1. Teknik
Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen
Uraian
3. Contoh Instrumen
    1. Berapa ukuran kecepatan akses internet saat ini!
    2. Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet!




Mengetahui,
Kepala SMP N 5 Karanganyar






Endang Retna Wulan, S.Pd, M.Pd
NIP. 19620814 198501 2 004

Karanganyar, 18 Juli 2011
Guru Mapel TIK.






Neni Kusuma Nugraheni, S.Pd
NIP. 19811230 200801 2 012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah
:
SMP NEGERI 5 KARANGANYAR
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK)
Kelas/Semester
:
IX (sembilan) / Gasal
Standar Kompetensi
:
    1. Memahami dasar – dasar penggunaan Internet/intranet
Kompetensi Dasar
:
    1. Mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan dalam akses Internet/Intranet
Indikator
:
  1. Menyebutkan perangkat keras beserta fungsinya untuk keperluan akses internet
  2. Menyebutkan perangkat keras beserta fungsinya untuk keperluan akses intranet
  3. Menjelaskan perbedaan perangkat keras yang digunakan untuk akses internet dan intranet
Alokasi Waktu
:
8 x 40 menit (4 x pertemuan)

  1. Tujuan Pembelajaran
  1. Melalui studi pustaka, peserta didik dapat menyebutkan perangkat keras beserta fungsinya untuk keperluan akses internet
  2. Melalui pengamatan terhadap jaringan internet peserta didik dapat menunjukan perangkat keras untuk akses internet/ intranet.

  • Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

  1. Materi Pembelajaran
        1. Persyaratan perangkat keras internet/intranet

  1. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Contekstual Teaching Learning (CTL)
Model : Cooperative Learning

  1. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
              1. Kegiatan pendahuluan
a. Apersepsi
    • Salam dan tegur sapa.
    • Mengabsensi siswa

b. Motivasi
    • Mengingatkan kembali materi tentang kecepatan akses internet
    • Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
  • Menyajikan materi perangkat keras yang digunakan dalam akses Internet/Intranet
  • Mengamati visualisasi materi perangkat keras yang digunakan dalam akses Internet/Intranet



b. Elaborasi
  • Menyebutkan perangkat keras beserta fungsinya untuk keperluan akses internet
  • Menemukan perangkat keras beserta fungsinya untuk keperluan akses internet
  • Mencari informasi dari sumber belajar tentang perangkat keras beserta fungsinya untuk akses internet
c. Konfirmasi
  • Guru dan siswa bersama-sama membuat kesimpulan materi.

3. Kegiatan penutup
    a. Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
    b. Menarik kesimpulan tentang ukuran kecepatan akses internet

Pertemuan kedua
    1. Kegiatan pendahuluan
a. Apersepsi
    • Salam dan tegur sapa.
    • Mengabsensi siswa

b. Motivasi
    • Mengingatkan kembali materi tentang kecepatan akses internet
    • Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
  • Menyajikan materi perangkat keras yang digunakan dalam akses Internet/Intranet
  • Mengamati visualisasi materi perangkat keras yang digunakan dalam akses Internet/Intranet

b. Elaborasi
  • Menjelaskan perbedaan perangkat keras yang digunakan untuk akses internet dan intranet
  • Menemukan perbedaan perangkat keras yang digunakan untuk akses internet dan intranet
  • Mencari perbedaan perangkat keras yang digunakan untuk akses internet dan intranetMelakukan studi pustaka tentang fungsi dari perangkat yang digunakan untuk mengakses internet.

c. Konfirmasi
  • Disajikan gambar perangkat keras internet dan peserta didik mampu menjodohkannya dengan istilah yang telah ditentukan
  • Melalui studi pustaka peserta didik dapat menjelaskan fungsi dari perangkat yang digunakan untuk mengakses internet
  • Guru dan siswa bersama-sama membuat kesimpulan materi.

3. Kegiatan penutup
                1. Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
                2. Menarik kesimpulan tentang ukuran kecepatan akses internet

Pertemuan ketiga dan keempat
    1. Kegiatan pendahuluan
a. Apersepsi
    • Salam dan tegur sapa.
    • Mengabsensi siswa
b. Motivasi
    • Menanyakan kembali mengenai materi yang pernah disampaikan pada pertemuan pertama
    • Mengingatkan kembali materi tentang perangkat keras yang digunakan dalam akses Internet/Intranet
    • Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
  • Menyajikan materi perangkat keras yang digunakan dalam akses Internet/Intranet
  • Mengamati visualisasi materi perangkat keras yang digunakan dalam akses Internet/Intranet

b. Elaborasi
  • Melakukan pengamatan terhadap perangkat keras yang ada
  • Menunjukkan nama alat-alat untuk akses internet seperti modem, jaringan telepon dan lain – lain
  • Memberikan penjelasan mengenai fungsi perangkat keras

c. Konfirmasi
  • Disajikan gambar perangkat keras internet seperti modem, jaringan telepon dan lain – lain
  • Melalui studi pustaka peserta didik dapat menjelaskan perangkat keras internet seperti modem, jaringan telepon dan lain – lain
  • Guru dan siswa bersama-sama membuat kesimpulan materi.

3. Kegiatan penutup
                  a. Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
                  b. Menarik kesimpulan tentang ukuran kecepatan akses internet

  1. Sumber Belajar
Komputer, buku mengenal internet, buku TIK yang relefan tampilan visual/ gambar.

  1. Penilaian
1. Teknik
Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen
Uraian
3. Contoh Instrumen
Tunjukkan perangkat-perangkat keras untuk akses internet!

G. Tes tertulis
    1. Sebutkan perangkat keras komputer yang bisa akses internet beserta masing-masing fungsinya!
    2. Sebutkan perangkat keras komputer yang bisa akses intranet beserta masing-masing fungsinya
    3. Sebutkan dua macam modem yang kamu ketahui!
    4. Sebutkan perbedaan perangkat keras yang digunakan untuk akses internet dan intranet
Mengetahui,
Kepala SMP N 5 Karanganyar




Endang Retna Wulan, S.Pd, M.Pd
NIP. 19620814 198501 2 004

Karanganyar, 18 Juli 2011
Guru Mapel TIK.




Neni Kusuma Nugraheni, S.Pd
NIP. 19811230 200801 2 012
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah
:
SMP NEGERI 5 KARANGANYAR
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK)
Kelas/Semester
:
IX (sembilan) / Gasal
Standar Kompetensi
:
    1. Memahami dasar – dasar penggunaan Internet/intranet
Kompetensi Dasar
:
1.5. Melakukan berbagai cara untuk memperoleh sambungan internet/intranet
Indikator
:
  1. Menjelaskan beberapa cara penyambungan internet/intranet
  2. Melakukan sambungan internet menggunakan sambungan Dial-Up
Alokasi Waktu
:
6 x 40 menit (3 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
        1. Dengan melalui studi pustaka peserta didikdapat menjelaskan beberapa cara sambungan internet
        2. Melalui simulasi dapat melakukan sambungan Dial-Up
        3. Dengan pengalaman simulasi dapat melakukan sambungan di lab. Computer secara Dial-Up

  • Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B. Materi Pembelajaran
              1. Penyambungan Internet / Intranet

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Contekstual Teaching Learning (CTL)
Model : Cooperative Learning

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
      1. Kegiatan pendahuluan
a. Apersepsi
    • Salam dan tegur sapa.
    • Mengabsensi siswa

b. Motivasi
    • Menanyakan kembali mengenai materi yang pernah disampaikan pada pertemuan pertama
    • Menyampaikan tujuan pembelajaran
    • Menanyakan tentang prasyarat menggunakan akses internet

2. Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
  • Menyajikan materi cara untuk memperoleh sambungan internet/intranet
  • Mengamati visualisasi materi cara untuk memperoleh sambungan internet/intranet



b. Elaborasi
  • Mencari informasi di media cetak untuk memperoleh berbagai cara sambungan internet
  • Menayangkan contoh sambungan internet / intranet
  • Menjelaskan berbagai cara penyambungan internet

c. Konfirmasi
  • Disajikan gambar cara untuk memperoleh sambungan internet/intranet
  • Melalui studi pustaka peserta didik dapat memperoleh cara untuk memperoleh sambungan internet/intranet
  • Mengerjakan lembaran kerja
  • Guru dan siswa bersama-sama membuat kesimpulan materi.

3. Kegiatan penutup
    1. Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
    2. Menarik kesimpulan tentang ukuran kecepatan akses internet

Perteman kedua dan ketiga
    1. Kegiatan pendahuluan
a. Apersepsi
    • Salam dan tegur sapa.
    • Mengabsensi siswa

b. Motivasi
    • Menanyakan kembali mengenai materi yang pernah disampaikan pada pertemuan pertama
    • Mendeskripsikan tugas minggu lalu

2. Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
  • Menyajikan materi cara untuk memperoleh sambungan internet/intranet
  • Mengamati visualisasi materi cara untuk memperoleh sambungan internet/intranet

b. Elaborasi
  • Peserta didik membentuk kelompok
  • Melakukan penyambungan internet secara Dial-Up

c. Konfirmasi
  • Memandu kelompok yang mengalami kesuitan tentang penyambungan dial up antar kelompok dengan guru
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok atau siswa

3. Kegiatan penutup
a. Mendeskripsikan kembali langkah – langkah tentang penyambungan Dial-Up
b. Membuat kesimpulan

  1. Sumber Belajar
Komputer, lembar kerja, buku TIK yang relefan, koneksi internet.

  1. Penilaian
1. Teknik
Tes tertulis
Unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen
Uraian
3. Soal Instrumen
Uraian
  1. Jelaskan cara penyambungan internet!
  2. Jelaskan cara penyambungan intranet
Uji prosedur
a. Melakukan penyambungan internet menggunakan Dial-Up
Mengetahui,
Kepala SMP N 5 Karanganyar






Endang Retna Wulan, S.Pd, M.Pd
NIP. 19620814 198501 2 004

Karanganyar, 18 Juli 2011
Guru Mapel TIK.






Neni Kusuma Nugraheni, S.Pd
NIP. 19811230 200801 2 012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lebih baik di kritik daripada di puji,sebab kritikan akan membuat diri kita menyadari akan kekurangan dan kesalahan yang pernah diperbuat.Tolong yang sudah baca jangan lupa tinggalkan coment ya...MATUR NUWUN,TERIMA KASIH